Apa yang harus saya lakukan jika di PHK? Pertanyaan ini akan sering menghantui seorang karyawan. Memang benar, selama masih menjabat sebagai karyawan, tidak akan bisa keraguan ini menimbulkan was-was di hati kita. Lain halnya dengan karyawan yang memutuskan menjadi juragan. PHK / Pemutusan Hubungan Kerja sudah pasti menjadi momok bagi setiap karyawan. Tidak ada karyawan yang tak takut dan gelisah setelah mendengarnya karena penghasilan bulanan mereka akan segera terhenti. Lalu apa yang dapat anda lakukan ketika hal itu terjadi? Tentu anda harus bisa mencari jalan terbaikkan? Tips dibawah ini akan membantu anda.

1. Tetap tenang dan jangan menyalahkan orang lain dan diri sendiri
Wajar saja jika anda menjadi panik setelah di PHK, akan tetapi hal itu hanya akan membuat pikiran anda semakin kacau dan kesulitan untuk mencari jalan keluar. Tetap tenang adalah hal terbaik pertama yang harus anda lakukan untuk tetap membuat anda berpikir positif.
Selain itu, PHK terjadi bukan karena anda tidak memiliki kemampuan atau karena anda membuat kesalahan. PHK biasanya dilakukan perusahaan untuk mengurangi biaya pengeluaran ataupun karena kebanyakan kinerja karyawan telah digantikan oleh mesin. Jadi jangan menyalahkan diri anda. Anda juga tidak dapat menyalahkan atasan anda karena semua disebabkan kondisi dan situasi yang terjadi dalam perusahaan tersebut. Bukan semata-mata kemauan dari atasan anda.
2. Manfaatkan dana pesangon seoptimal mungkin
Setelah di PHK, anda akan mendapatkan pesangon dari perusahaan tempat anda bekerja sebagai penghargaan selama anda bekerja disana. Terlebih lagi jika anda termasuk karyawan yang berprestasi di perusaahaan itu bisa jadi jumlah pesangon yang diberikan cukup besar.
Gunakanlah uang pesangon itu untuk menutupi kebutuhan anda sehari-hari sebelum menemukan pekerjaan yang baru. Namun jangan royal, usahakan uang itu digunakan untuk hal-hal yang sangat penting dan mendesak saja.
3. Atur kembali pengeluaran rutin
Hitunglah pengeluaran rutin anda dan sampai berapa bulankah uang pesangon yang anda miliki dapat memenuhi itu. Misalnya hanya untuk 8 bulan, maka dalam jangka waktu kurang dari 8 bulan anda sudah harus memiliki penghasilan baru. Usahakan agar anda mengeluarkan uang untuk kebutuhan yang dasar-dasar saja seperti makan tiap hari, bayar listrik perbulan, bayar hutang/cicilan, dan untuk pendidikan.
4. Utamakan bayar hutang / cicilan
Jika anda memiliki hutang / cicilan, maka sebaiknya anda mengutamakan uang yang anda miliki untuk membayarnya secara rutin, jangan sampai menunggak. Dikhawatirkan bila anda telah lama menunggak, pihak yang memberi pinjaman akan menarik aset-aset yang anda miliki. Anda akan lebih rugi bukan?
5. Ubah gaya hidup
Life style atau gaya hidup juga mempengaruhi pengeluaran anda. Jika anda biasanya sering mengeluarkan uang untuk rekreasi rutin setiap akhir pekan, sebaiknya anda kurangi. Misalnya hanya sekali dalam 2 minggu. Atau misalnya jika anda sering memesan makanan dari luar, atau sering makan diwarung, berhematlah dengan sering memasak di rumah. Jikapun anda lebih sering makan di rumah, usahakan beli bahan-bahan masakan yang lebih murah.
6. Mencari pekerjaan atau berwirausaha
Tentunya anda harus mencari pekerjaan baru. Lamarlah pekerjaan di perusahaan-perusahaan sejenis dengan tempat anda bekerja sebelumnya. Karena dengan demikian, anda takkan terlalu susah menyesuaikan pekerjaan yang diberikan dengan kemampuan anda. Sambil menunggu anda mendapat pekerjaan baru, anda dapat mengisi waktu luang dengan berwirausaha. Hal ini sangat berguna untuk memberi penghasilan sementara bagi anda. Bahkan banyak cerita dari para pekerja yang dikena PHK sebelumnya berhasil sukses merintis usahanya sendiri.
Carilah berbagai peluang yang ada. Misalnya anda dapat berdagang gorengan jika kompleks perumahan anda sering ramai, ataupun anda dapat membuka usaha jahit dengan mengikuti kursus. Lebih baik lagi jika anda mencari pekerjaan yang sesuai dengan hobi anda.
Dan apabila anda butuh bantuan konsultasi, jangan ragu, hubungi Jasa Promosi Online Samimoro, tak hanya berpromosi, kami sedikan konsultasi gratis untuk anda supaya usaha anda maju dan lancar. 
Samimoro - Kesuksesan anda adalah kebanggaan kami.

Contoh ukuran keberhasilan suatu postingan facebook gratis
Koleksi Banner






 
Top